Berdasarkan
jenis data dan cara pengolahannya, secara umum, penelitian dapat dibedakan atas
penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif. Berikut dipaparkan perbedaan
penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif. Tulisan ini diringkas dari
Bab I buku Bogdan, Robert C. dan Biklen, Knopp S. 1998. Qualitative Research
in Education: An Introduction to Theory and Methods. Boston: Allyn and
Bacon, Inc. Semoga bermanfaat.
Penelitian
kualitatif digunakan sebagai istilah payung strategi penelitian dengan
karakteristik berikut.
- Data penelitian merupakan data lunak (soft data), yakni data yang kaya akan deskripsi orang, benda, tempat, dan percakapan atau tuturan.
- Masalah penelitian dirumuskan dalam wujud fokus penelitian yang menggambarkan kompleksitas masalah penelitian sesuai dengan konteksnya (bukan dalam wujud variabel, pertanyaan, atau hipotesis).
- Data dikumpulkan dari dan dalam latar alamiah, yakni latar nyata dan sebagaimana adanya.
Teknik
penelitian yang populer digunakan dalam penelitian kualitatif adalah:
- observasi partisipatif, yakni peneliti sebagai pengamat sekaligus sebagai partisipan penelitian; dan
- wawancara mendalam, yakni peneliti menggali informasi secara utuh, menyeluruh, dan mendalam untuk memperoleh pandangan, pemikiran, dan keyakinan subjek, responden, atau informan serta untuk memperoleh sistem yang berlaku dalam pranata suatu komunitas yang diteliti.
Nama
lain penelitian kualitatif adalah (1) penelitian lapangan atau field
work (dalam bidang antropologi); (2) penelitian naturalistik atau
alamiah (dalam bidang pendidikan); dan penelitian etnografi (dalam bidang
antropologi).
Karakteristik
penelitian kualitatif dapat dikemukakan berikut ini.
- Penelitian kualitatif bersifat alamiah (naturalistic), yakni latar langsung sebagai sumber data dan peneliti sebagai instrumen kunci (key instrument).
- Data penelitian kualitatif bersifat deskriptif, yakni data berupa kata-kata dan gambar yang diperoleh dari transkripsi wawancara, catatan lapangan, foto, videotape, dokumen pribadi, dokumen resmi, memo, dan dokumen-dokumen lainnya.
- Di samping hasil, penelitian kualitatif menekankan proses, yakni proses yang terjadi dan berlangsung pada sumber data (subjek/informan, objek, dan responden) beserta keseluruhan konteks yang melingkupinya, di samping data yang dihasilnyannya.
- Analisis data penelitian kualitatif cenderung secara induktif untuk memperoleh abstraksi dari keseluruhan data yang diperoleh.
- Penelitian kualitatif menggali makna kehidupan berdasarkan perspektif partisipan, yakni berdasarkan proses subjek mengkonstruk atau menyusun makna dan berdasarkan proses mendeskrispsikan makna yang disusn subjek.selengkapnya...
Sebagai
catatan tambahan, sumber data penelitian kualitatif dapat dibedakan atas (1)
subjek penelitian, yakni sumber data, misalnya orang, yang aktif sebagai
penghasil data (siswa, guru, pegawai kantor pos, camat, buruh pabrik,
misalnya); (2) objek penelitian, yakni sumber data, misalnya benda, yang berisi
data (candi, novel, kumpulan puisi, surat pribadi, otobiografi, misalnya); dan
(3) responden, yakni orang yang merespon atau menjawab kuesioner atau angket
yang diberikan peneliti saat mengumpulkan data. Dalam bidang linguistik
struktural, sumber data ini lazim disebut sebagai informan, yakni penutur atau
pemakai bahasa sebagai sumber korpus data bahasa.
CIRI-CIRI
PENELITIAN KUALITATIF DAN KUANTITATIF
|
|
KUALITATIF
|
KUANTITATIF
|
Frase
yang berkaitan dengan pendekatan
|
|
etnografis
|
eksperimen
|
dokumentasi
|
data
keras
|
penelitian
lapangan
|
perpektif
luar
|
data
lunak
|
empiris
|
interaksi
simbolis
|
positivis
|
perspektif
dalam
|
fakta
sosial
|
naturalistik
|
statistik
|
etnometodologis
|
metode
ilmiah
|
Deskriptif
|
|
pengamatan
pelibatan
|
|
fenomenologis
|
|
aliran
Chicago
|
|
riwayat
hidup
|
|
studi
kasus
|
|
ekologis
|
|
naratif
|
|
interpretatif
|
|
Konsep
penting yang berkaitan dengan pendekatan
|
|
makna
|
variabel
|
pemahaman
akal sehat
|
opersional
|
penggolongan
|
reliabilitas
|
definisi
situasi
|
hipotessis
|
kehidupan
sehari-hari
|
validitas
|
tatanan
negosiasi
|
signifan
secara statistik
|
proses
|
replikasi
|
pemahaman
|
prediksi
|
tujuan
praktis
|
|
konstruksi
sosial
|
|
teori
dasar
|
|
Nama
yang berkaitan dengan pendekatann
|
|
Max
Weber
|
Emile
Durkheim
|
Charles
Horton Cooley
|
Fred
Kerlinger
|
Harold
Garfinkel
|
Edward
Thorndike
|
Margaret
Mead
|
Robert
Bales
|
W.I
Thomas
|
Donald
Chambell
|
Everelt
Hughes
|
|
Ervng
Golfman
|
|
Herbert
Blumer
|
|
Afiliasi
Teoritis
|
|
interaksi
simbolis
|
fungsionalisme
struktural
|
etnometodologi
|
realisme,
positivisme
|
fenomenologi
|
behaviorisme
|
kebudayaan
|
empirisme
logis
|
idealisme
|
teori
sistem
|
Afiliasi
akademis
|
|
sosiologi
|
psikologis
|
sejarah
|
ilmu
ekonomi
|
antropologi
|
sosiologi
|
ilmu
politik
|
|
Tujuan
|
|
mengembangkan
konsep
|
menguji
teori
|
memerikan
realitas ganda
|
menstabilkan
fakta
|
teori
dasar (grounded theory)
|
deskripsi
statistik
|
mengembangkan
pemahaman
|
menunjukkan
hubungan antar variabel
|
memprediksi
|
|
Rancangan
|
|
berkembang,
lentur, umum
|
terstruktur,
ditentukan di awal, formal, khusus
|
rancangan
sebagai panduan proses penelitian
|
rencana
kerja operasional
|
Usulan
penelitian
|
|
singkat
|
panjang
lebar
|
spekulatif
|
fokus
rinci dan khusus
|
menunjukkan
bidang yang relevan diteliti
|
prosedur
rinci dan khusus
|
sering
ditulis setelah ada data terkumpul
|
melalui
tinjauan pustaka yang substantif
|
kajian
pustaka yang substantif singkat
|
ditulis
sebelum ada datanya
|
ancangan
disebut secara umum
|
hipotesa
dinyatakan
|
Data
|
|
deskriptif
|
kuantitatif
|
dokumen
pribadi
|
kode
kuantitatif
|
catatan
lapangan
|
bilangan,
ukuran
|
foto
|
variabel
operasional
|
kata-kata
pelaku sendiri
|
statistik
|
dokumen
resmi dan artefak
|
|
Sampel
|
|
kecil
|
besar
|
tidak
mewakili
|
berstratifikasi
|
sampel
teoritis
|
kelompok
kontrol
|
sampel
bola salju
|
tepat,
cermat
|
bertujuan
|
dipilih
acak
|
kendali
kontrol untuk variabel luar
|
|
Taktik
atau Metode
|
|
observasi
|
eksperimen
|
observasi
partisipasi
|
observasi
terstruktur
|
tinjauan
atas berbagai dokumen
|
eksperimen
semu
|
wawancara
terbuka/berkembang
|
wawancara
terstruktur
|
penjelasan
sumber pertama
|
survei
|
Hubungan
dengan subyek
|
|
empati
|
ada
pembatasan
|
menekankan
kepercayaan
|
jangka
pendek
|
kesetaraan
|
ada
jarak
|
subyek
sebagai sahabat
|
subyek-peneliti
|
hubungan
dekat
|
musiman
|
Instrumen
dan alat
|
|
tape
recorder
|
inventori,
kuesioner
|
alat
penyalin tulisan
|
komputer
|
komputer
|
indeks,
skala, skor tes
|
Analisa
dataa
|
|
berkelanjutan
|
deduktif
|
model,
tema, konsep
|
dikerjakan
selesai pengumpulan data
|
induktif
|
statistik
|
induksi
analitis
|
|
metode
komparatif
|
|
Masalah
dalam penggunaan pendekatan
|
|
prosedur
tidak baku
|
mengendalikan
variabel-variabel lain
|
memakan
waktu
|
mengontorol
variabel lain
|
sulit
mereduksi data
|
reifikasi
|
reliabilitas
|
obtrusiveness
|
prosedur
tidak baku
|
validitas
|
sulit
meneliti populasi besar
|
0 comments:
Post a Comment